Menu Utama

Top Menu

  • Telp. +62-265-771204

Nonton Bareng "Penghianatan G30S/PKI"

  • Umum

Terhitung sejak tahun 2008 hingga saat ini, pelajaran sejarah tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak diajarkan lagi di bangu sekolah. Hal tersebut yang kemudian melatari Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo untuk memutar kembali film pengkhianatan PKI, G30S/PKI.

"Sejarah tentang PKI di Indonesia tidak diajarkan lagi, bukankah itu penyesatan, penghapusan, dan pembodohan tentang sejarah. Padahal sejarah sangat berguna bagi kehidupan manusia," ujar Gatot dalam Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One, tadi malam (Selasa, 19/9)

Ia kemudian menukil pernyataan Presiden pertama RI Sukarno bahwa melalui sejarah, kita bisa menemukan hukum-hukum kehidupan manusia. Sehingga dengan menonton kembali film G30S/PKI bisa memberikan pemahaman kembali mengenai sejarah bangsa. Masyarakat bisa mengambil pelajaran dari peristiwa hitam PKI agar tragedi itu tidak terulang kembali. 

"Mengajak generasi muda dengan jernih memahami masa lalu dan sejarah bangsanya. Ketika ada dari bangsa ini memikirkan ideologi lain selain Pancasila, yang terjadi adalah tragedi yang memilukan," pungkasnya. 

"Tidak ada ideologi lain yang lebih tepat bagi negara yang majemuk ini, selain Pancasila. Bangsa ini pernah memiliki masa kelam dan jangan sampai itu terjadi lagi," tutup Gatot. [ian]

Tanggapan & Komentar

Hak cipta © 2017 · SMKN 1 Ciamis